Kamis, 04 Desember 2014

RPP KITABAH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     ......................
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Keterampilan             :     Menulis (Kitabah)
Tema                          :     Al-Ta’aaruf
Topik                          :     Al-Qudratu ’Ala Al-Kitabah
Kelas / Semester        :     XI/ I
Alokasi Waktu           :     2 x 45 menit


STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Al-Ta’aaruf

KOMPETENSI DASAR
MENULIS
*      Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
*      Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan stuktur yang benar

INDIKATOR PEMBELAJARAN
*      Menulis huruf hijaiyah, baik terpisah atau pun digabung dengan benar
*      Menulis kata dengan didekte dengan tepat
*      Membuat kalimat sesuai konteks
*      Menyususn kata menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
*      Mampu menyusun kalimat menjadi paragraf yang ppadu dari gambar berseri
*      Meletakkan tanda baca secara tepat

TUJUAN PEMBELAJARAN                                                                 
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
*      Menulis huruf hijaiyah, baik terpisah atau pun digabung dengan benar
*      Menulis kata dengan didekte dengan tepat
*      Membuat kalimat sesuai konteks
*      Menyususn kata menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
*      Mampu menyusun kalimat menjadi paragraf yang ppadu dari gambar berseri
*      Meletakkan tanda baca secara tepat

BAHAN PENGAJARAN
Buku paket pelajaran Bahasa Arab unutk MA:
*      Huda, Saiful, 2008. Ulul Albab; Bahasa Arab Kelas X. KTSP Berdasarkan PP MENAG No. 2. Mojokerto: Sinar Mulia.
*      Hidayat, Dr. D. 2010. Ta’liimul Lughah Al-‘Arabiyah Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008. Jilid 2. Semarang: PT. Karya Toha Putra.
*      Arifah, Zakiyah, dkk. 2011. Bahasa Arab Untuk SMA & Sederajat Kelas X. Malang: Misykat.
*      Fauzan, ‘Abdurrahman Bin Ibrahiim, dkk. 2006. Al-‘Arabiyah Baina Yadaik. Jilid 1. Saudi Arabiya : Makkah Al-Mukarramah.

MATERI PEMBELAJARAN
1.      Materi Prinsip
*      Menulis Bunyi-bunyi Bahasa Arab
Sakit – Mengetahui
أليم – عليم
Angan2 – Bekerja
أمل – عمل
Bumi – Menunjukkan
أرض – عرض
Pertanyaan – Batuk
سؤال – سعال
Orang2 Yang Sakit – Orang2 Yang Mengetahui
تألمون – تعلمون
Datang – Lapar
جاء – جاع
*      Menulis Huruf & Kata
أ/ا
...ا
...ا...
أ...
خبا
سال
أنا
*      Menulis Kalimat
خير جليس في الزمان كتاب
2.      Materi konsep
أنا تلميذ في المدرسة الثانوية بمدينة مالانج، بجاوى الشرقية. عمري ثمانية عشر. أصدقائي من أنحاء العالم. هوايتي المراسلة والموسيقى و قراءة الروايات. أتعلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية. أنا أحب العربية. أريد الصداقة بهذه الرسالة.
3.      Materi Fakta

METODE
*      Langsung yaitu mengajarkan siswa secara intensif tentang Al-Ta’aaruf dalam menulis bahasa Arab.
*      Diskusi
TEKNIK
Drill (mencontoh, dan kebahasaan), kuis dan tanya jawab serta Induktif.
STRATEGI
Inkuiri yaitu pengajaran yang terpusat pada siswa dengan mengembangkan keterampilan menulis siswa sebagai rekan dalam klasifikasi pemecahan masalah.



LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
Nilai Karakter
Kegiatan Awal
1.
Mengucapkan salam & menanyakan keadaan serta mengecek kehadiran siswa
Merespon pertanyaan guru
10
Menit
Kedisiplinan
2.
Mereview pelajaran yang telah diajarkan minggu lalu
Responsibelitas
Cinta ilmu
3.
Memberikan informasi tentang materi pembelajaran yang akan diajarkan
Memperhatikan
Keingintahuan
4.
Memberikan informasi tentang tugas-tugas dan langkah yang harus dilakukan siswa dalam kegiatan pembelajaran
Mempersiapkan diri
Keingintahuan
Kegiatan Inti
1.
Guru menyajikan kata melalui media kartu kata tentang Al-Ta’aaruf
Siswa menyalin kata yang dicontohkan oleh guru melalui media kartu kata tentang Al-Ta’aaruf
70
Menit
Kemandirian
2.
Guru menyajikan kalimat melalui media kartu kata tentang Al-Ta’aaruf
Siswa menyalin kalimat yang dicontohkan oleh guru melalui media kartu tentang Al-Ta’aaruf
Rasa percaya diri
3.
Guru mendikte kata, frasa, atau kalimat tentang Al-Ta’aaruf
Siswa menulis kata, frasa, atau kalimat yang didekte guru tentang Al-Ta’aaruf
Kecerdasan
4.
Guru menyuruh siswa untuk menyusun kata-kata menjadi kalimat
Siswa menyusun kata-kata menjadi kalimat di buku tulis atau di papan tulis
Kejujuran
5.
Guru meminta siswa untuk menyusun kalimat menjadi paragraph
Siswa memenuhi permintaan guru dan kemudian menyusun kalimat menjadi paragraf
Kecerdasan & kejujuran
6.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Siswa membentuk kelompok
Rasa tanggung jawab
7.
Guru menyuruh siswa maju ke depan untuk menuliskan kata, frasa, atau kalimat
Kelompok lain (selain kelompok yang ditunjuk) mengomentari tentang apa yang dituliskan
Keingintahuan
8.
Guru memberikan balikan dan komentar hasil diskusi kelompok siswa
Siswa bersama guru mengoreksi hasil diskusi kelompok
Rasa tanggung jawab
Kegiatan Penutup
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
Siswa bersama guru menyimpulakan materi pembelajaran
10
Menit
Rasa tanggung jawab
2.
Guru memberikan tugas tentang materi yang diajarkan
Siswa menerima pemberian tugas dan mengeejakannya di rumah/di sekolah
Kemandirian
3.
Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri proses pembelajaran
Siswa menjawab salam
Kedisiplinan

MEDIA PEMBELAJARAN
*      Kartu Bergambar
*      Papan Tulis
*      Audio-Visual
ASSESSMENT/ PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
*      Menulis huruf hijaiyah, baik terpisah atau pun digabung dengan benar
*      Menulis kata yang didengar oleh guru
*      Membuat kalimat dengan menggunakan kata yang sudah disiapkan
*      Mengurutkan kata-kata yang tersusun secara acak, agar menjadi kalimat yang benar dan tepat
*      Menyusun kalimat menjadi paragraf yang padu dari gambar berseri & mendeskripsikan gambar
*      Meletakkan tanda baca secara tepat

Tugas individu

Tugas kelompok

Test tulis

Menulis

Meniru

 Menyusun

Mengarang

Ulangan harian


‌أ.         رتب الكلمات الآنية لتصبح جملا مفيذة ابتداء مما تحتاة خط!
إندونيسي – إندونيسيا من – حسن – هو – جنسية – و – هذا
‌ب.   ضع الكلمات الآنية في جمل مفيذة!
دخل:.............................
يعمل:.............................
ولدت:............................


KRITERIA PENILAIAN
Keterampilam menulis
No.
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan menulis huruf
Ketepatan merangkai
Memahami wacana
Mengarang sederhana
25
25
25
25
100







Dikerjakan selama proses pembelajaran berlangsung!
Afektif
No.
Nama Siswa
Keaktifan
dalam kelas
Antusiasme
siswa
Kerjasama
Kelompok
Rata-rata


30
20
15
40
30
20
30
20
15













Keterangan:
            Skore 15/20     : KURANG
            Skore 20/30     : CUKUP
            Skore 15/20     : BAIK
            Nilai yang dicapai: x 100
                                                            Senin, 12 Mei 2012
Mengetahui,                                                               Penyusun,
Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran                                                                                  

(.....................)                                                             (.........................)

MATRIKS STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH

NO
TUJUAN
STRATEGI
MEDIA
EVALUASI
1.
Menulis huruf arab dan memahami hubungan antara bentuk huruf dan suara
Menulis Harakat

Menggandeng Huruf

Menulis Kata Sambung

Ini Huruf Awalku

Ini Huruf Akhirku

Menulis Kata Kerja

Benarkan yang Salah

*      Kalimat dan kumpulan kata sambung.
*      Kalimat dan kumpulan kata kerja
*      Pulpen, kertas, dan papan tulis.
*      Set kartu yang bertuliskan abjad Arab yang ditaruh di amplop, buku Iqra’
احتبار كتابة الحروف))
tes menulis  huruf, dengan cara guru membacakan huruf alphabet dan murid menuliskannya.
2.
Mengetahui tanda baca dan petunjuknya dan cara penggunaannya
3.
Menulis kalimat arab dengan huruf terpisah dan huruf bersambung dengan perbedaan bentuk huruf baik diawal, tengah ataupun akhir.
احتبار كتابة المقاطع) (
tes menulis potongan kata. Caranya tes ini guru mengucapkan potongan-potongan kata dan meminta murid untuk menuliskannya
4.
Penguasaan/mampu menulis dari kanan ke kiri
5.
Penguasaan cara penulisan bahasa arab dengan jelas dan benar
6.
Penguasaan menulis salinan kaligrafi atau tambalan-tambalan keduanya lebih mudah dipelajari
Word Net

Kartu Namaku
Lembar jawaban dan kartu
احتبار المحاكة))
Caranya guru menuliskan dipapan tulis kalimat, kemudian siswa menuliskannya dengan memperhatikan penulisannya.
7.
Mengetahui prinsip imla dan mengenal apa yang terdapat dalam bahasa arab
Kitabat al-Nasyarat

Kertas, pulpen, dan papan tulis
احتبار الإملاء: دمج الوحدات))
tes imla’: menyatukan kata.
(الأحكام) tes mengujikan hukum-hukum imla’.





8.
Menterjemahkan ide-ide dalam menulis kalimat dengan menggunakan tata bahasa arab yang sesuai dengan kata
Musyarakat al-Kitabah al-Fa’alah

Ta’bir al-Shuwar

Pulpen, Kertas, dan papan tulis
احتبارات  اللإنشاء الحر))
Siswa diberi kebebasan untuk memilih tema, mengembangkan pikiran-pikirannya, penggunaan mufradat atau tarkib dalam tulisannya,
9.
Menterjemahkan ide-ide dalam menulis kalimat yang benar dengan menggunakan kata yang benar dalam kontek mengubah bentuk kata atau mengubah kontruksi makna (mufrad, mutsanna jama, mudakar muannast, idhofat,dsb)
Kitabat al-Ma’lumat

Mudzakarah Muwajjahah
Kertas, Pulpen, Media cetak, dan Media elektronik

Ihtibaru tahlilu tauqidil faqroh, yakni menganalisa tujuan dari penyusunan paragraph, seperti menganalisa tempat, waktu, deduksi induksi dll. Tes ini ditujukan untuk mengukur seberapa jauh kefahaman siswa
10.
Menterjemahkan ide-ide tertulis dengan menggunakan tata bahasa yang sesuai
In’ikas al-Maudlu’
Gambar, Kertas, Pulpen, Kamus
Mengkritisi film
Mendiskripsikan gambar
Mengkritisi dialog atau wawancara
Membalas surat
Menyempurnakan bacaan
Mendiskripsikan peta
Mengembangkan kerangka penulisan menjadi paragraph
Mendiskripsikan daftar
11.
Menggunakan gaya bahasa yang sesuai untuk judul atau ide yang dinyatakan
Mafahim Ra’isiyyah
Diagram, Gambar, Kertas, Pulpen, Kamus, dan Papan tulis
احتبارات  التلخيص))
Meringkas adalah salah satu dari ketrampilan kitabah, yang sebenarnya masuk dalam insya’ al muwajjah. Meringkas bukan hanya pada kemampuan menulis, melainkan juga harus memahami bacaan sebelumnya.
12.
Kecepatan menulis mencerminkan dirinya dalam berbahasa yang benar,tepat jelas dan ekspresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar